«

»

Mar 26

KTSP TKR SMKN 6

BAB I.

PENDAHULUAN

 

  1. 1.     LATAR BELAKANG

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan tersusunnya kurikulum tingkat satuan pendidikanjenjang pendidikan dasar dan menengah, mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).

Berdasarkan Standar  Isi, Standar Kompetensi Lulusan dan Panduan yang dikeluarkan BNSP, setiap satuan pendidikan dalam hal ini SMK Negeri 7 Semarang harus dapat menyiapkan kurikulum yang akan digunakan sebagai kurikulum operasional.

Menurut UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Butir 19, menyatakan bahwa : Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.  

Kurikulum, pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.(UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab X Pasal 36 Butir 2)                            

Kurikulum pendidikan dasar dan menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah dibawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor departemen Agama Kabupaten / Kota untuk pendidikan dasar dan propinsi untuk pendidikan menengah (UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab X. Pasal 38 ayat 2)

Kurikulum tingkat satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan,  potensi/karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat dan peserta didik.   Sekolah dan komite sekolah, atau madrasah dan komite madrasah, mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan, penjelasan ini sesuai dengan pasal 17 ayat 1 dan 2, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.(PP 19/2005 Bab I Pasal 1 butir 15)

Berdasarkan aturan tersebut, maka:

  1. Kurikulum disusun oleh SMK N 6 Purworejo dan komite sekolah.
  2. Kurikulum SMK Negeri 6 Purworejo dimaksudkan untuk memungkinkan adanya penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada.
  3. SMK Negeri 6 Purworejo perlu mencermati dan memperhatikan berbagai kepentingan dalam kerangka pengembangan kurikulum yang relevan bagi permasalahan saat ini dan masa datang.
  4. Kurikulum SMK Negeri 6 Purworejo harus bersifat baku tetapi tetap fleksibel, karena itu secara periodik harus tetap divalidasi sesuai kebutuhan pada jamannya..

 

 

 

 

 

 

 

  1. TUJUAN PENGEMBANGAN

Kurikulum SMK Negeri 6 Purworejo berpola pada :

  1. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (UU Nomor 20 Tahun 2003 BAB X Pasal 36 (1)
  2. Penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan berpedoman pada panduan yang disusun oleh BSNP. (PP 19 Pasal 16)
  3. Materi pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan dan Kompetensi Kejuruan disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi keahlian untuk memenuhi standar kompetensi kerja di dunia kerja.
  4. Permen Diknas No.22  Implikasi dari struktur kurikulum SMK butir 2

5.  Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab IX Pasal 35 (1) dan (2): menyatakan :

(1)   Standar nasional pendidikan terdiri atas :

  1. standar isi,
  2. standar proses,
  3. standar kompetensi lulusan,
  4. tenaga kependidikan,
  5. sarana dan prasarana,
  6. pengelolaan,
  7. pembiayaan, dan
    1. penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala.

(2)       Standar nasional pendidikan digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum, tenaga pendidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan.

 

 

  1. 3.  PRINSIP PENGEMBANGAN
    1. a.     Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, serta kepentingan peserta didik dan lingkungannya,
    2. b.    Beragam dan terpadu,
    3. c.     Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni,
    4. d.    Relevan dengan kebutuhan kehidupan,
    5. e.     Menyeluruh dan berkesinambungan,
    6. f.      Belajar sepanjang hayat,
    7. g.    Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB. II

TUJUAN

 

1. TUJUAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN.

Tujuan pendidikan menengah kejuruan  adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia  serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan  lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya..

 

2.  VISI DAN MISI SMK NEGERI 6 PURWOREJO

Visi.

SMK Negeri 6 Purworejo sebagai pusat pendidikan dan pelatihan yamg menghasilkan tenaga terampil, taqwa disiplin dan berwawasan wirausaha.

 

Misi.

  1. Memberdayakan potensi sekolah untuk mewujudkan penyiapan sumber daya manusia yang mampu bersaing.
    1. Mengembangkan diklat yang sesuai dengan perkembangan wilayah dan global.
    2. Menghasikan tamatan yang siap bersaing dalam pasaran global dan siap pakai dalam bidangnya dengan tujuan sarana dan prasarana yang mencukupi dan memadai.

 

3. TUJUAN SMK NEGERI 6 PURWOREJO

 

  1. Terwujudnya SMK Negeri 6 Purworejo yang berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).
  2. Terlaksananya metodologi pemelajaran interaktif.
  3. Adanya panduan tentang seluk-beluk SMK Negeri 6 Purworejo yang membantu memberikan gambaran secara komprehensif untuk mengambil langkah inovasi di masa yang akan datang.

 

4. TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEK. KENDARAAN RINGAN

Membekali peserta didik dengan keterampilan , pengetahuan dan sikap agar   kompeten dalam bidang  :

  1. Perawatan dan perbaikan motor  otomotif.
  2. Perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga.
  3. Perawatan dan perbaikan  chasis dan suspensi otomotif
  4. Perawatan dan perbaikan  sistem kelistrikan otomotif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>